Sejarah Masjid Agung Kuningan dan Fasilitasnya yang Harus Diketahui

FPPU – Kuningan adalah salah satu golongan kota di Jawa Barat. Bagi yang sedang berkunjung ke sini, maka jangan lupa untuk datang ke Masjid Agung Kuningan yang memiliki daya tarik besar. Masjid ini masuk golongan masjid yang pas untuk dijadikan tempat ibadah.

 

Namun sebelum datang ke masjidnya secara langsung, maka harus diketahui dulu beberapa informasi mendetail yang ada di dalamnya. Dengan demikian, saat berkunjung akan sangat menarik. Penasaran tentang informasi dari masjid ini? Simak detailnya berikut:

 

 

Sedikit Tentang Masjid Agung di Kuningan

Masjid Agung Kuningan terletak dan berdiri di Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan. Lokasi masjid ini sangat mudah untuk ditemukan, jadi pengunjung tidak perlu bingung. Karena masjid ini sangat populer, banyak pengunjung yang menjatuhkan pilihan untuk datang ke masjid ini saat akan beribadah.

 

 

Sama seperti masjid pada umumnya, bangunan masjid ini juga lengkap dan memiliki kubah di atasnya. Sedangkan untuk warnanya sendiri menggunakan warna putih dan hijau. Kawasan masjid ini sering pula dijadikan tempat beristirahat bagi pihak-pihak yang sedang melewatinya.

 

 

Tentu saja hal ini tidak terlepas dari unsur kenyamanan yang dihasilkan dari masjidnya. Meski letaknya ada di tengah kota, namun masjid ini masih nyaman dan sangat asri untuk dijadikan tempat beribadah. Hal ini juga menjadikan masjid Agung di Kuningan sangat direkomendasikan.

Fasilitas Masjid Agung di Kuningan

Selain beberapa informasi di atas, pengunjung juga harus mengetahui apa saja fasilitas yang disediakan. Dengan mengetahui daftar fasilitasnya, maka saat berkunjung bisa langsung memanfaatkannya. Berikut beberapa fasilitasnya:

1. Tempat Shalat Luas

Fasilitas pertama yang disediakan untuk jamaah adalah tempat sholat yang nyaman. Saat masuk ke dalam masjid, jamaah akan disambut dengan jam masjid yang ada di tengah bagian atas. Setelah itu, akan ada hamparan tempat sholat yang sangat luas.

Dengan adanya tempat sholat yang luas ini, maka jamaah tidak harus berdesakan saat melakukan proses ibadah. Bukan hanya di lantai satu saja, proses ibadah juga bisa dilakukan di lantai dua. Hal ini membuktikan bahwa masjid ini bisa menampung banyak jamaah.

2. Halaman Luar yang Luas

Tidak hanya bagian dalamnya saja yang luas, bagian luar masjid juga sangat luas. Saat dilangsungkan sholat besar, maka halaman ini juga bisa menampung jamaah. Namun saat di hari biasa, pengunjung yang membawa anak bisa memanfaatkannya untuk area bermain.

Saking luasnya, halaman ini bisa menampung banyak pengunjung sekaligus dalam satu waktu. Ada juga beberapa penjual makanan yang berada di lokasi ini. Biasanya, area ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan bazar atau sejenisnya di hari-hari khusus.

3. Toilet dan Tempat Wudhu yang Memadai

Kemudian untuk toilet masjidnya juga sudah disediakan. Jamaah bisa memanfaatkannya tanpa harus antri panjang karena jumlahnya sendiri sangat banyak. Hal ini juga berlaku untuk bagian tempat wudhu yang jumlahnya mencukupi dan tidak akan membuat para jamaah menunggu lama.

 

 

Kebersihannya juga sangat terjaga dan sangat pas untuk dimanfaatkan. Sudah ada petugas kebersihan yang selalu membersihkan masjid secara berkala. Dengan demikian, jamaah bisa memanfaatkannya dengan nyaman tanpa harus risih dengan kemungkinan tempat yang kotor.

 

 

Daftar penjabaran tentang Masjid Agung Kuningan di atas tentunya bisa langsung dipahami secara mendalam tanpa ada aspek yang terlewat. Dengan adanya informasi di atas, maka pengunjung bisa mendapat informasi mendasar yang bisa langsung dibaca dan dimanfaatkan.

 

Sumber Solo.Co.Id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *